Rabu, 19 Januari 2011

jurnal . RAM

pa itu RAM?

RAM adalah penyimpanan memori kerja kami. Semua data, PC yang menggunakan dan bekerja dengan selama operasi, disimpan di sini. Data disimpan pada drive, biasanya hard drive. Namun, untuk CPU untuk bekerja dengan data-data tersebut, mereka harus dibaca ke dalam penyimpanan memori kerja, yang terdiri dari chip RAM. Untuk menguji RAM, kita perlu melihat pada:

# Jenis RAM (FPM, EDO, ECC, dan SD RAM)
# RAM modules (SIMM dan DIMM) dalam versi yang berbeda
# RAM dan sistem bus

Pertama, mari kita melihat kembali pada waktunya. Beberapa tahun yang lalu, Bill Gates mengatakan, bahwa dengan 1 MB RAM, kami memiliki kapasitas memori, yang tidak pernah akan sepenuhnya digunakan. Yang ternyata tidak benar.

Kembali di tahun 80-an, PC dilengkapi dengan RAM dalam jumlah 64 KB, 256 KB, 512 KB dan akhirnya 1 MB. Bayangkan sebuah komputer rumah seperti Commodore 64. Itu 64 KB RAM, dan bekerja dengan baik.

Sekitar tahun 1990, maju sistem operasi, seperti Windows, muncul di pasar, itu mulai ras RAM. PC membutuhkan RAM lebih dan lebih. Yang bekerja baik dengan, prosesor 386 yang dapat menangani jumlah yang lebih besar RAM. Windows pertama PC bisa dioperasikan alamat 2 MB RAM, tapi 4 MB segera menjadi standar. ras telah terus berlanjut sampai 90-an, karena harga RAM telah menurun drastis.


RAM jenis

Jenis RAM tradisional adalah DRAM (RAM dinamis). Jenis lain adalah SRAM (static RAM). SRAM terus mengingat isinya, sedangkan DRAM harus di-refresh setiap beberapa mili detik. DRAM terdiri dari kapasitor mikro, sedangkan SRAM terdiri dari off / on switch. Oleh karena itu, SRAM dapat merespon lebih cepat dari DRAM. SRAM dapat dilakukan dengan rise time sesingkat 4 ns. Hal ini digunakan dalam versi yang berbeda dalam RAM cache L2 (misalnya pipa saluran BURST Cache SRAM).

DRAM sejauh ini yang termurah untuk membangun. Baru dan jenis DRAM lebih cepat terus dikembangkan. Saat ini, sedikitnya ada empat jenis:

# FPM (Fast Page Mode)
# ECC (Kesalahan Kode)
# EDO (Extended Data Output)
# SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)

Penjelasan singkat tentang jenis DRAM

FPM adalah RAM tradisional untuk PC, sebelum EDO diperkenalkan. Hal ini dipasang pada modul SIMM dari 2, 4, 8, 16, atau 32 MB. Biasanya, ditemukan dalam 60 ns atau 70 ns versi. 60 ns paling cepat dan yang digunakan. Anda tidak dapat mencampurkan kecepatan yang berbeda pada motherboard Pentium yang sama.

EDO (Extended Data Out) RAM adalah perbaikan FPM RAM. Data dibaca lebih cepat. EDO memperpanjang waktu bahwa data output yang valid, yang masalah waktu betters antara CPU dan RAM dan cara ini meningkatkan kinerja.

Dengan beralih dari FPM ke EDO, orang bisa mengharapkan peningkatan kinerja 2 sampai 5 persen. EDO RAM biasanya dijual dalam versi 60 ns. Sebuah versi 50 ns tersedia pada biaya yang lebih tinggi.

EDO kini telah diganti dengan SDRAM lebih cepat.

ECC RAM khusus mengoreksi kesalahan jenis RAM. Hal ini terutama digunakan di server.

SDRAM (synchronous DRAM)): Penggantian untuk DRAM, FPM, dan jenis EDO RAM. SDRAM "kunci" (menyinkronkan) akses memori ke CPU clock. Dengan cara ini kita mendapatkan transfer data. Sementara satu porsi data tranported ke CPU lain dapat sedang dipersiapkan untuk transfer.

SDRAM datang hanya dalam 64 modul bit (panjang 168 pin DIMM). SDRAM memiliki waktu akses hanya 6-12 ns. Peningkatan kinerja di atas EDO RAM 5 persen hanya berjalan pada 66 MHz. Pada 100 dan 133 MHz itu membuktikan lebih baik.

DDR RAM adalah versi dua kali lipat clock SDRAM, yang mengganti SDRAM selama 2001-2002.

RAMBUS (RDRAM) adalah jenis RAM yang lebih futuristik. Intel dan lainnya memiliki harapan yang besar dari jenis ini, tetapi menjatuhkan diri pada tahun 2000-2001.

8 atau 9 bit per byte?
Biasanya Anda angka 8 bit untuk satu byte. Selama bertahun-tahun, sedikit kesembilan telah ditambahkan sebagai paritas bit dalam blok RAM untuk memverifikasi transmisi benar. Dengan cara itu Anda harus mengirimkan 9 bit, untuk menyimpan 8 bit dalam chip lama 30 pin RAM. Dan dibutuhkan 36 bit untuk menyimpan 32 bit di 72 pin chip yang lebih besar, yang meningkatkan biaya chip RAM sekitar 12%.


Jika motherboard anda membutuhkan modul 36 bit, anda harus menghormati itu. Untungnya, papan sistem yang paling menerima modul 32 bit, jadi ini tidak menciptakan masalah.

RAM kecepatan

Kecepatan RAM diukur dalam ns (nano detik). Ns sedikit, semakin cepat adalah RAM. Tahun lalu, RAM datang di 120, 100 dan 80 ns. Hari ini, kita berbicara tentang 60 ns dan lebih cepat.

Ini menjadi rumit untuk menggambarkan hubungan antara kecepatan RAM dan kemampuan dari sistem bus untuk memanfaatkan RAM cepat. Aku akan mengabaikan itu. Tapi di sini adalah tabel yang menggambarkan kecepatan RAM, relatif terhadap kecepatan clock:



Clock speed



Time per clock tick



20 MHz



50 ns



25 MHz



40 ns



33 MHz



30 ns



50 MHz



20 ns



66 MHz



15 ns



100 MHz



10 ns



133 MHz



6 ns

Peak Bandwidth

Disini Anda melihat bandwidth puncak maksimal dari tiga jenis RAM dikenal. Angka-angka menggambarkan transfer benar-benar maksimal dari RAM ke L2 cache-- di puncak, tidak terus menerus ditransfer.
RAM type Max. peak bandwidth
FPM 176 MB/sec
EDO 264 MB/sec
SD 528 MB/sec





SIMM

SIMM (Single Inline Memory Modul) pertama kali dibuat di edisi 8 bit. Mereka kartu kecil dengan 1, 2 atau 4 MB RAM. Mereka terhubung ke motherboard dengan konektor 30 pin tepi. Modul adalah 8 bit lebar. Ini berarti bahwa prosesor 16 bit (286 dan 386SX) yang dibutuhkan 2 SIMM pada suatu pasangan. Dengan demikian, ada ruang untuk dua modul dalam apa yang disebut bank.

Prosesor 32 bit (386DX dan 486) membutuhkan 4 dari 8 SIMM kecil sedikit di bank, karena bank mereka lebar 32 bit. Jadi, pada motherboard 486 khas generasi 1, Anda dapat menginstal 4 X 1 MB, 4 X 2 MB, atau 4 X 4 MB di bank masing-masing. Jika Anda hanya memiliki satu bank (dengan ruang untuk 4 modul), itu mahal untuk meningkatkan RAM, karena anda harus membuang modul lama.

32 bit modul
Dengan munculnya prosesor 486, RAM meningkatnya permintaan lebih. Kemudian modul-modul yang lebih besar 32 bit mulai digunakan. Sebuah motherboard 486 masih bisa memiliki 4 soket SIMM, tetapi ketika modul yang 32 bit yang luas, mereka bisa dipasang satu per satu. Ini cukup cerdik.

Anda bisa menambahkan berbagai jenis modul dan masih menggunakan yang lama. Juga, karena motherboard 486 hanya berlari di 33 MHz pada sistem bus, kualitas modul RAM tidak begitu penting. Anda bisa mencampur 60 ns dan 70 ns modul berbagai merek tanpa masalah.

Disini Anda melihat pasangan modul SIMM. Di atas adalah modul 64 bit (168 pin - jangan mencoba untuk menghitungnya). Berikutnya adalah 32 bit modul dengan 72 pin konektor. Berikut ini adalah 8 bit modul dengan 30 pin konektor:


SDRAM:
32 bit DRAM: and
16 bit DRAM:
Jumlah chip per modul

Beberapa SIMM memiliki chip lebih pada modul dari yang lain. Melihat modul hanya 32 bit, kita menemukan modul dengan 2, 4, 8 atau keripik di setiap sisi. SIMM dengan 2 MB, 8 MB dan 32 MB adalah dua sisi. Ada chip di kedua sisi modul, dan semua chip ini adalah 16 Mbit orang.

DIMM terbaru-modul memiliki chip 64 Mbit RAM. Dengan cara ini modul 32 MB hanya terbuat dari 4 chip sejak 4 X 64 / 8 = 32.

Pentium motherboard dengan SIMM
Pada motherboard Pentium, bus sistem 64 bit lebar. Oleh karena itu, SIMM 32 bit dipasang berpasangan. Karena motherboard standar hanya memiliki dua bank dengan total empat soket SIMM, RAM kemungkinan ekspansi terbatas. CATATAN: tidak pernah menggunakan modul yang berbeda kecepatan RAM pada motherboard Pentium. Semua modul harus memiliki kecepatan yang sama. Disini Anda melihat beberapa konfigurasi pada motherboard Pentium lama dengan empat socket SIMM:




Bank 1



Bank 2



Total RAM



16 MB + 16 MB



-



32 MB



16 MB + 16 MB



32 MB + 32 MB



96 MB
32 MB + 32 MB 32 Mb + 32 MB


128 MB

DIMM

Jenis yang paling banyak digunakan RAM modern, SDRAM ini dibuat dalam modul lebar 64 bit yang disebut DIMM (Dual Inline Memory Module).

Mereka memiliki 168 pin konektor tepi. Disini Anda melihat satu modul:

Karena modul DIMM adalah 64 bit lebar, Anda dapat menginstal satu modul pada suatu waktu. Mereka tersedia dalam 8, 16, 32, 64, 128, 256 MB, dan 512MB dengan 6, 8, 10, dan 12 ns kecepatan. Biasanya ada 2 -4 DIMM soket pada motherboard.

Keuntungan dari SDRAM adalah peningkatan kecepatan. Yang memungkinkan Anda untuk meningkatkan kecepatan sistem bus. Dengan 60 ns EDO-RAM, Anda dapat menjalankan maksimum 75 MHz pada sistem bus, sementara kecepatan SDRAM dapat meningkat menjadi 133 MHz dan di atas. Juga bekerja sinkron dengan bus sistem untuk kinerja yang lebih baik SDRAM.

Kebanyakan chip set yang dibuat untuk SDRAM. Beberapa motherboard telah baik soket SIMM dan DIMM. Idenya adalah bahwa Anda bisa menggunakan kembali RAM tua EDO di soket SIMM, atau memilih untuk memasang SDRAM pada DIMM sockets. Mereka tidak dirancang untuk mencampur jenis RAM meskipun bekerja di beberapa papan.

Atas: a 64 MB memegang DIMM-modul 32 chip masing-masing 16 Mbit (32 X 16 Mbit / 8 bit = 64 MB).

Lebih baik menggunakan DIMM dibuat dari 64 chip baru Mbit. Sebuah modul 64 MB cara ini terbuat dari hanya 8 chip (8 X 64 Mbit / 8 bit = 64 MB).

Cepat RAM

Intel telah berhasil mempercepat daya prosesor oleh faktor 200 kali sepuluh tahun terakhir. Itu banyak, tetapi itu adalah masalah yang teknologi memori RAM hanya memiliki ditingkatkan dengan faktor 20 pada periode yang sama.

Hari ini kami berharap dan bermimpi jenis RAM baru yang cepat, yang akan membantu kita untuk mendapatkan potensi penuh dari PC yang kuat kami.
PC100 RAM
Usaha pertama untuk meningkatkan kecepatan RAM adalah standar PC100. Dengan chip set BX seperti kecepatan bus sistem telah datang hingga 100 MHz. Oleh karena itu Intel telah membuat standar baru yang disebut PC100. Hanya 8 ns SD-RAM modul yang dibangun sesuai dengan standar ini dijamin untuk bekerja pada 100 MHz. Dalam beberapa artikel RAM tersebut akan dijelaskan dalam 125 SD-RAM.
SPD
DIMM baru-modul termasuk informasi memegang EPROM-chip tentang modul. Chip ini bekerja sedikit 8-pin sebagai SPD (Serial Presence Detect) - unit menyimpan informasi tentang jenis RAM. Idenya adalah bahwa BIOS dapat membaca informasi ini dan ini tune cara bus sistem dan timing untuk performa CPU-RAM yang sempurna.

Anda dapat menemukan sebuah program, yang menguji isi SPD di situs ini c't. Ia bekerja dengan chip set Intel 82371 memegang sebuah jembatan selatan seperti BX dan GX.

Program lainnya disebut DIMM_ID.

PC133
RAM PC133 berjalan pada 133 MHz adalah versi terbaru dari SDRAM. Spesifikasi dibuat oleh VIA, Micron, NEC, Samsung, SIS, Acer Labs dan vendor lainnya. Produksi pertama (dari Corsair, Juni 1999) digunakan 7,5 ns modul RAM dari Micron.

VIA mendukung RAM PC133 dengan Pro mereka chip set Apollo Plus (693A). Kemudian mereka meluncurkan dukungan untuk PC266 DDR RAM!

Juga K7 Athlon AMD dapat menggunakan RAM PC133 dengan chipset VIA KX133Pro.
VC133
Virtual Channel 133 adalah satu lagi rasa dari standar PC133. Modul memegang cache kecil SRAM supercepat. Menurut tes, modul-modul ini tampil sangat baik, namun karena alasan yang tidak diketahui, tidak pernah menjadi populer.

Intel dan PC133
Intel awalnya direncanakan untuk by-pass RAM PC133 dalam peta jalan mereka. Mereka berniat untuk bermigrasi dari set PC100 berbasis chip (seperti BX) untuk set Rambus berbasis chip (seperti i820).

Untuk jangka waktu 12 bulan pada tahun 1999-2000, Intel mengalami insiden beberapa bencana dari upaya mereka untuk melaksanakan Rambus dalam set chip dan motherboard. Selama periode ini mereka dipaksa (oleh motherboard Taiwan manufaktur) menyesuaikan standar PC133.

Chip set i815 merupakan hasil dari revisi strategi.

masalah Intel adalah bahwa mereka telah "menjual jiwa mereka" untuk Rambus Inc Menurut perjanjian mereka, sampai dengan tahun 2003 Intel hanya dapat melaksanakan jenis RAM selain RDRAM jika bandwidth kurang dari 1 GB / detik.





Rambus RDRAM

Sementara CPU telah menjadi sekitar 200 kali lebih cepat dalam sepuluh tahun, kinerja RAM hanya naik 20 kali. Jadi kita membutuhkan jenis RAM baru. Tapi yang?

Banyak vendor memutuskan untuk pergi untuk DDR RAM seperti yang dijelaskan dalam. Dimana DDR RAM merupakan pengembangan dari teknologi SDRAM yang ada, Intel memilih RDRAM, yang merupakan perubahan yang jauh lebih revolusioner dalam desain RAM.

Intel dan RDRAM tanpa succes
Intel berkomitmen untuk RAM Rambus, yang juga disebut RDRAM (Rambus Direct RAM), nDRAM, atau RIMM (Rambus Inline Memory Modules).

RDRAM adalah teknologi canggih dipatenkan oleh sebuah perusahaan, yang menjual teknologi untuk chip lain manufaktur untuk% 2 dalam lisensi. Pada tahun 1997 Intel menandatangani kontrak yang tampaknya komitmen mereka untuk mendukung RDRAM hanya dalam semua chipset baru sampai dengan tahun 2002.

Awalnya AMD juga diharapkan dapat mendukung Rambus RAM untuk prosesor Athlon nya. Tapi setelah melihat masalah semua Intel dengan teknologi, AMD tidak begitu tertarik pada Rambus lagi. Namun, RDRAM sudah digunakan dalam Sony PlayStation 2 dan di mesin Nintendo64. Dalam PlayStation Sony 2 Anda menemukan 32 MB RDRAM memberikan bandwidth sebesar 3,2 GB / detik.

Selama tahun 1999 dan 2000, Rambus tidak begitu berhasil. Bahkan, Intel telah mengalami set-kembali serius karena komitmen mereka dengan desain Rambus. Chip set i820 "Camino" menjadi bencana kecil.

Intel gagal menghasilkan cara yang dapat diandalkan untuk antarmuka SDRAM untuk chipset 820. The MTH (Memory Translator Hub - yang diterjemahkan bus RDRAM untuk modul SDRAM) memiliki beberapa masalah waktu atau kebisingan yang menyebabkan operasi tidak dapat diandalkan. Intel CC820 diganti papan dengan papan VC820 (dengan RDRAM 128MB disertakan) sebagai CC820 menggunakan MTH dan SDRAM sementara VC820 yang digunakan RDRAM.

Tapi, di atas kertas, Rambus suara besar:



Intelligent Rambus desain
RDRAM dikembangkan dari DRAM tradisional, tapi arsitektur adalah benar-benar baru. Telah streaming dan dioptimalkan untuk menghasilkan kinerja baru.

Desain-RAMBUS memberikan akses yang lebih cerdas untuk RAM, yang berarti bahwa unit dapat "prefetch" data dan cara ini gratis CPU beberapa pekerjaan. Idenya adalah bahwa data dibaca dalam paket kecil di clock speed yang sangat tinggi.

Modul RIMM hanya 16 bit yang luas dibandingkan dengan 64 bit SDRAM DIMM tradisional, tetapi mereka bekerja pada frekuensi clock yang lebih tinggi:

The Rambus modul bekerja pada 2.5 volt, yang internal berkurang ke 0,5 volt bila memungkinkan. Hal ini membantu mengurangi panas dan sinyal radio.

The RIMMs terus chip pengendali yang dapat mematikan kekuatan untuk bagian tidak digunakan. Mereka juga dapat mengurangi kecepatan memori jika thermal sensor laporan overheating.
CRIMMs
Semua slot RAM harus penuh; ini baru, dengan RAMBUS kita harus mengisi modul pada slot kosong yang tidak digunakan. Modul kosong ini disebut CRIMMs (dengan 'C' untuk kontinuitas).

Modul RIMM terus 184 pin.

Chip RDRAM harus ditempatkan sangat dekat dengan CPU untuk mengurangi kebisingan radio. Hal ini menunjukkan, bahwa teknologi RIMM agak sensitif; Intel tampaknya telah membuat bahwa penemuan juga.

Tinggi jam tarif

Seperti disebutkan, modul hanya 16 bit yang luas, tetapi mereka bekerja di 600, 700 dan 800 MHz. Sebenarnya PC800 RIMM berjalan pada clock 400 MHz dengan menggunakan kedua sisi naik dan turun, yang clockdoubled sama seperti DDR RAM.

Lebih membingungkan PC600 RIMM benar-benar berjalan pada clock 266/532 MHz, dan PC700 bekerja pada 366/712 MHz.


PC800 800/400 MHz
PC700 712/366 MHz
PC600 532/266 MHz




Hal ini memberikan bandwidth hingga 1,6 GB per detik - dibandingkan dengan 500-800 MB / detik SDRAM PC100 - dari saluran Rambus tunggal. Anda dapat menemukan bagan membandingkan bandwiths jenis RAM yang berbeda di halaman berikutnya.

Multichannel memori desain
Anda mungkin bundel empat saluran untuk bus RAM 64 bit lebar memberikan 6,4 GB / detik:

Hal ini tidak mungkin menggunakan chip set yang ada RAMBUS berbasis seperti i820. Mereka hanya beroperasi dengan satu onboard saluran RAMBUS. Chip high-end set i840 RDRAM beroperasi dengan saluran ganda, sebagai up-i850 akan datang.

RIMM di masa mendatang, kata Intel

versi gigahertz dari Rambus RAM mungkin akan mengikuti, sehingga teknologi memiliki potensi untuk bandwidth yang lebih tinggi.

Pada tahun 1999 tampak bahwa Intel mengalami masalah besar dengan teknologi Rambus di set i820 chip-faited sakit (yang disebut "Caminogate" tragedi). Oleh karena itu mereka dipaksa untuk mendukung RAM PC133 seperti terlihat pada chipset i815.

Kinerja yang buruk sejauh ini
Sayangnya ia segera jelas bahwa chip set i815 dengan RAM PC133 yang sedang melakukan sedikit lebih baik dari chip set i820 dengan RDRAM masih sangat mahal. Anda harus menggunakan saluran Rambus ganda (seperti dalam upcomming chip set Intel i850 "Tehema") untuk keuntungan dari bandwidth yang lebih tinggi. Tapi penggandaan ini juga mungkin dari menggunakan RAM DDR.

Tes antara PC Rambus i840 berbasis dual dan Micron DDR PC berbasis memberikan hasil yang sama, semua benchmark yang lebih baik pada sistem DDR.

Sejauh ini Rambus RAM adalah tanpa bunga besar. Ini terlalu mahal, dan tidak ada yang mendapatkan dari itu. Namun stil teknologi Rambus cukup menjanjikan, namun harga harus turun, dan sebaiknya segera. DDR RAM penutupan masuk

Intel mengklaim bahwa DDR adalah untuk memperlambat untuk prosesor Pentium 4 baru. Ini akan membutuhkan dual channel DDR RAM untuk mendapatkan bandwidth yang diperlukan. Dan dual channel DDR RAM meens bus 128 bit yang luas, yang tidak solusi yang baik. Jembatan utara dan motherboard akan penuh dengan ratusan garis sinyal.

Pada tahun 2001 RDRAM sedang digunakan dengan sukses besar pada GB850 Pentium 4 papan dan RDRAM harga jatuh terus.

RDRAM 2.0
Rambus rencana untuk mempercepat bandwidth faktor dua menggunakan Quad Rambus Signaling Level. Ini harus terjadi tanpa adanya peningkatan frekuensi clock.



DDR RAM
Suatu jenis RAM yang sangat menarik adalah RAM DDR, yang diharapkan dapat menekan pasar pada tahun 2001.

DDR singkatan di sini untuk Double Data Rate. Ini adalah teknologi yang mentransmisikan data pada kedua sisi sinyal kebijaksanaan.

Dengan cara ini kinerja telah dua kali lipat, sebuah chip SDRAM 133 MHz bisa menjadi sangat mudah diubah menjadi chip DDR 266 MHz:


DDR ganda transmisi data menggunakan kedua sisi sinyal clock

Ini harus cukup mudah bagi pasar untuk berubah DDR RAM. Modul terlihat seperti dan beroperasi cukup mirip dengan SDRAMs ada. Kita hanya perlu chipset baru untuk memulai migrasi.

Namun, modul tahan lebih dari 16 pin SDRAM dilakukan, sehingga mereka tidak masuk ke dalam soket yang sama.

PC2100
Perusahaan Taiwan VIA, yang memproduksi chip set dan CPU dan yang berjuang Intel, sepenuhnya mendukung strategi RAM DDR. Segera kita akan melihat modul 266 MHz (menjadi "overclocked" modul SDRAM 133 MHz). The 266 MHz modul mencapai 2,1 GB / sec bandwidth. Oleh karena itu mereka akan dijual sebagai PC2100 RAM.

istilah lain yang digunakan adalah:

# DDR200 (200 MHz)
# DDR266 (266 MHz)
# DDR333 (333 MHz)

Di bawah ini Anda melihat bandwidts teoritis jenis RAM yang berbeda. Namun, SDRAM tidak melakukan sebagus angka menunjukkan. Hal ini disebabkan latency, CPU dan unit lainnya tidak dapat membaca data pada kecepatan ini, mereka harus menunggu beberapa kalangan jam di antara setiap membaca sebelum transfer data dimulai. Hal yang sama berlaku untuk DDR RAM.

RAM type Theoretical max. bandwidth
SDRAM 100 MHz 100 MHz X 64 bit= 800 MB/sec
SDRAM 133 MHz 133 MHz X 64 bit= 1064 MB/sec
DDRAM 200 MHz (PC1600) 2 X 100 MHz X 64 bit= 1600 MB/sec
DDRAM 266 MHz (PC2100) 2 X 133 MHz X 64 bit= 2128 MB/sec
DDRAM 366 MHz (PC2600) 2 X 166 MHz X 64 bit= 2656 MB/sec
RDRAM 600 MHz 600 MHz X 16 bit= 1200 MB/sec
RDRAM 700 MHz 700 MHz X 16 bit= 1400 MB/sec
RDRAM 800 MHz 800 MHz X DDR-II
Sebuah versi baru dari DDR RAM dijadwalkan untuk tahun 2003. Dengan menggunakan teknik lain, dimungkinkan untuk melipatgandakan kinerja!


16 bit= 1600 MB/sec

Tidak ada komentar:

Posting Komentar